KASUS KEJAHATAN YANG TERJADI DALAM DUNIA TEKNOLOGI INFORMATIKA

by - 11:40 PM

1. Kejahatan yang terjadi di internet terdiri dari berbagai macam jenis dan cara yang bisa terjadi. Menurut anda motif apakah yang dapat mempengaruhi kejahatan TI?

Menurut kami motif yang mempengaruhi kejahatan TI ada 2, yaitu;





  • Sebagai tindakan murni kriminal. Kejahatan yang murni merupakan tindak criminal yang dilakukan karena motif kriminalitas. Kejahatan jenis ini biasanya menggunakan internet hanya sebagai sarana kejahatan. Contoh kejahatan semacam ini adalah Carding.
  • Cybercrime sebagai kejahatan “abu-abu”. Pada jenis kejahatan di internet yang masuk dalam “wilayah abu-abu” cukup sulit menentukan apakah itu merupakan tindakan criminal atau bukan, mengingat motif kegiatannya terkadang bukan untuk berbuat kejahatan. Contohnya adalah probing atau portscanning. Ini adalah sebutan untuk semacam tindakan pengintaian terhadap sistem milik orang lain dengan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari sistem yang diintai, termasuk sistem operasi yang digunakan, port-port yang ada, baik yang terbuka maupun tertutup, dan sebagainya.
2. Sebutkan contoh-contoh kasus kejahatan TI yang sedang trend (viral) saat ini. Dan menurut anda apa motif kejahatan tersebut!

Pembobolan Facebook oleh Cambridge Analytica  

Bos Facebook Mark Zuckerberg belum lama ini buka suara mengenai penyalahgunaan data dari jejaring sosialnya oleh perusahaan riset Cambridge Analytica (CA). Perusahaan ini diduga memanfaatkan data untuk kampanye pilpres Amerika Serikat 2016 silam. Untuk berita selengkapnya silahkan kunjungi website yang tertera dibawah ini.

Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180322194919-185-285163/kronologi-pembobolan-facebook-oleh-cambridge-analytica

Menurut saya motif pada kasus tersebut sebagai kejahatan "abu-abu", karena dalam kasus tersebut pihak facebook sendiri kurang memperhatikan kebijakan data pengguna sehingga terjadilah penyalahgunaan data itu sendiri.

3. Menurut anda apakah upaya-upaya yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi kejahatan TI?

Meningkatkan keamanan dalam dunia internet, seperti : firewall, anti-virus dll. tidak sembarang membagikan data diri disuatu aplikasi atau iklan.

You May Also Like

0 comments